MORAL

Selamat malam.
Saya masih ingat beberapa hari lalu ketika saya membuka twitter dan memantau timeline saya kemudian saya membaca berita yang membuat saya bergidik namun tidak saya cari tahu lebih lanjut karena berita tersebut memberikan link yang mana saya tahu tidak bisa saya akses melalui handphone saya.

Saya juga masih ingat ketika tadi siang teman kantor saya yang ternyata menerima berita yang sama melalui broadcast message bergidik ngeri. Saya penasaran, saya akhirnya memutuskan untuk mencari tahu lewat internet.

Judul nya saja sudah membuat saya ingin menangis.
"Balita 2 tahun terlindas truk 2 kali dan dibiarkan sekarat di jalanan"
Bagaimana kedengarannya di kuping anda?

Sampai saya akhirnya melihat video itu.
Hilang sudah nafsu makan saya.
Ironis. memalukan.

Moral. Dimana itu moral?
Anda tidak akan pernah berfikir ini akan terjadi di dunia ini.
Tidak di lingkungan anda, tidak di tempat anda bekerja, atau tidak di negara dimana anda tinggal.
Kemanusiaan. yang merasa manusia malah berlaku seperti bukan manusia.
Tuhan menciptakan akal untuk berfikir, hati untuk ber-empati.
Tuhan tidak menciptakan keduanya dalam keadaan rusak, atau sebagai penghias agar tidak kosong isi kepala kita atau tidak kosong rongga dada kita.

Ya mungkin saya juga bukan orang yang terlahir sempurna.
Mungkin saya juga tidak berhati suci.
Tidak berpola pikir dan bertingkah laku sebenar-benarnya benar.
Tapi setidaknya saya masih tersentuh ketika membaca berita ini.
Otak saya masih berfikir, hati saya masih menangis.

Ini pembelajaran buat kita semua tanpa terkecuali.
Yang tua atau yang muda. Yang kaya atau yang miskin. Yang berpendidikan atau tidak berpendidikan.
Belajarlah bahwa moral itu penting.
Junjunglah tinggi rasa kemanusiaan mu.
Hingga dipenuhilah hak mu sebagai manusia seutuhnya.
Diperlakukan adil, dihargai tanpa memandang gender, diperlakukan sosial oleh mahluk sosial lainnya.

Sedikit kutipan dari si tersangka hit and run :

"Anda lihat gadis itu di CCTV,
dia tidak melihat jalan ketika dia berjalan,
dan saya sedang menelpon saat kejadian itu,
jadi saya tidak bermaksud demikian."

"Ketika saya sadar telah menabraknya,
saya berpikir akan turun dan melihat bagaimana keadaannya.
tapi saya melihatnya telah berdarah,
maka saya putuskan untuk injak gas dan melarikan diri
dengan pertimbangan tidak ada orang disekitar saya"

"Jika dia mati, mungkin saya akan membayar hanya sekitar 20.000 yuan
($ 3,125). Tapi jika dia terluka, saya mungkin akan membayar ratusan ribu yuan"



What kind of world we are living now?
World of Shame.
This is ashamed.

Anda bisa lihat video nya di sini

0 comments:

Post a Comment

 

Self Quote

wherever you stand, stand like a model. whatever you do, do like a pro.

Instagram

Meet The Author

me? oh. I have 3 sides. (1) the quite and sweet side (2) the fun and crazy side (3) the side you never want to see